Gambar-Gambar Propaganda

Selasa, 16 November 2010


Propaganda adalah jenis pesan yang bertujuan mempengaruhi pendapat atau perilaku orang. Daripada tidak memihak dalam memberikan informasi, propaganda sering sengaja dibuat menyesatkan, menggunakan penalaran logis, terkadang meyakinkan, namun tidak selalu sah.Contoh- contoh poster propaganda:

1.
Poster yang dibuat untuk mengajak pria-pria Amerika untuk bergabung dengan angkatan laut. Poster ini menunjukkan seorang wanita dengan pakaian angkatan laut, yang membuat para pria berpikir bahwa wanita saja berharap terlahir sebagai pria agar bisa bergabung dengan angkatan laut. Poster ini dibuat oleh Howard Chandler Christy pada tahun 1917 dalam Perang Dunia I.

2.

 
Poster propaganda AS, yang memperingatkan warga sipil untuk tidak membagikan informasi tentang pergerakan pasukan pada Perang Dunia II.

           3.


Poster AS, yang ditunjukkan untuk menghimbau para patriot untuk terhindar dari penyakit kelamin pada PErang Dunia II.

          4.


 
Pada awal perang, orang kulit hitam bisa bergabung dengan Angkatan Laut, tetapi hanya bisa berfungsi hanya sebagai Messmen (semacam pekerjaan dalam bersih-bersih). Doris (Dorie) Miller bergabung dengan Angkatan Laut dan ikut dalam pelayanan di atas kapal USS West Virginia selama serangan di Pearl Harbor. Ia tidak menerima pelatihan meriam, karena ia hanya seorang Messmen, tetapi selama serangan, pada resiko pribadi yang besar, ia menggunakan senjata dari seorang pria bersenjata yang sudah jatuh dan berhasil membak pesawat Jepang. Ia dianugerahi Salib Angkatan Laut, tetapi setelah adanya tekanan terus-menerus dari pers kulit hitam.


5.


 
Poster ini membuat perbandingan Kristologis langsung dari Hitler. Sama seperti burung merpati yang turun ke atas Kristus ketika Ia dibaptiskan oleh Yohanes Pembaptis, dibandingkan dengan apa yang terlihat di dalam poster dimana  ada elang terbang elang dan adanya cahaya dari langit yang mengidealkan Hitler.

6.


 
Para orang-orang Jerman dihimbau untuk mengumpulkan bahan tua sebanyak mungkin untuk upaya perang yang memungkinkan. Dibuat pada tahun 1943.

1 komentar:

Anonim

17 November 2010 pukul 07.18
Permalink this comment

1

mengatakan...

Thx banget yah, bantu banget nih buat anak dkv yg lagi belajar sejarah ^^

Posting Komentar