Propaganda Desain & Estetika Uni Soviet (Part 1)

Minggu, 21 November 2010


Salah satu warisan desain dan estetika Uni Soviet adalah poster-poster propaganda yang megah.
Perubahan revolusi di Rusia pada tahun 1917, merubah pemikiran politik dan ekonomi bangsa Rusia. Mendampingi pandangan baru tentang politik dan ekonomi, harus ada pembaharuan dan perubahan di daerah lain juga, termasuk cara negara baru muncul dengan sendirinya dan ide-idenya.
Revolusi bertepatan dengan masa banyak bentuk seni yang sangat berbeda dalam budaya barat, Dada, Futurism, Konstruktivisme, Surealisme dan sebagainya. Terutama pada tahun-tahun awal, propaganda poster diproduksi di Rusia dipengaruhi oleh gerakan tersebut.
Meskipun terlihat lebih eksperimental akhirnya memberi cara untuk desain lebih mirip dengan apa yang bisa dilihat di negara-negara barat lainnya, propaganda Soviet masih memiliki pandangan sendiri, di luar kehadiran huruf cyrillic.



 

A Spectre is Haunting Europe, the Spectre of Communism – 1920

Salah satu tokoh yang populer pada saat itu adalah Lenin yang dikenal sebagai orator yang hebat, dengan gaya berapi-api digambarkan oleh sikap dalam poster ini, menunjuk jalan depan. Dua unsur penting dari propaganda Soviet dapat dilihat di sini, tulisan berwarna merah  mewakili revolusi, dan cerobong asap yang mewakili industri yang akan membawa negara baru ke masa depan yang cerah. Teks diambil langsung dari pengenalan Karl Marx "Manifesto Komunis".


 Beat the Whites with the Red Wedge – 1920


Sebuah poster karya El Lissitzky yang menunjukkan pengaruh gerakan baru seni Avant Modernis pada propaganda Soviet awal. Poster ini secara tidak langsung menyampaikan sebuah pesan politik. Ketika revolusi terjadi di Rusia pada tahun 1917, perang sipil meletus antara komunis, yang merah, dan royalis mendukung rezim lama, orang kulit putih.







0 komentar:

Posting Komentar